the Grand Palace, Bangkok 2017


The Grand Palace, Bangkok merupakan ikon negara Thailand yang berada di jalan Na Pra Lan Road (Old City) yang bisa ditempuh dengan BTS Saphan Taksin menju Pier 9 Ta Chang. Bangunan bersejarah ini selama 150 tahun ditempati oleh anggota kerajaan mulai dari Rama 1 hingga sekarang. Lokasinya berdekatan dengan Sunga Chao Praya, jika kamu mengunjungi the Grand Palace, kamu pasti akan ditawari naik perahu di Sungai ini oleh beberapa sales yang ada di luar istana.




Istana ini dikelilingi oleh tembok yang sangat tinggi, dan poto diatas penampakan luar istana. Sebelum masuk istana kamu diwajibkan memakai pakaian yang sopan alias tidak memakai tank top, celana pendek, pakaian harus berlengan, dan memakai celana panjang. Nah, jika kamu terlanjur memakainya, nanti akan ada penyewaan kain untuk menutupi celana pendekmu atau baju tank topmu. Jika kamu ngotot juga masuk dengan pakaian terlarang itu, maka tentara istana kamu menyingkirkanmu hehehe... (bagi hijabers aman deh, ga perlu sewa ini itu)






Untuk bisa masuk ke dalam istana, kamu diwajibkan membeli tiket masuk seharag 500 bath atau sekitar 200.000 rupiah. Tiket itu juga termasuk tiket terusan ke Vimanmek Palace di Dusit, jadi ga hanya satu destinasi saja. Apa yang bisa diliat di dalam adalah, istana raja dan arsitektur di dalamnya yang sangat megah. Jangan lupa bawa payung, tisu, air mineral, dan pakaian yang nyaman karena udaranya sangat panas.




 Ada 35 bangunan yang ada di dalam istana ini, termasuk Wat Phre Kaew atau disebut juga dengan Temple of Emerald Budha. Ada 3 bagian dari keseluruhan istana ini yaitu outer court, middle court, dan inner court. Arsitiktur yang digunakan dalam istana ini sangat rumit perpaduan antara khas Thailand dan neo-baroque. Wat Phre Kaew difungsikan sebagai kuil pribadi kerajaan, bangunan utama di dalam kuil ini disebut dengan Phra Ubosot yang dialamnya terdapat patung the Emerald Budha, kemudian ada candi Phra Si Rattana, Perpustakan Phra Mandop, dan Monumen Rama.




Poto ini adalah gerbang masuk Grand Palace, Istana dibuka pada pukul 08.30 - 15. 30 waktu Thailand. Antrian sudha mnegular jelang jam masuk istana ini. Jangan khawatir, wisatawan boleh mengambil gambar di dalam istana ini. Tetapi untuk Phra Ubosot, pengjunjung tidak boleh mengambil gambar. Masuk ke dalam bangunan Phra Ubosot, aura mistis sangat terasa jelas di setiap sudut bangunan ini.




Usai mengelilingi Wat Phre Kaew dibagian terluar, pengunjung akan bertemu Balairung Chakri Mahaprasad di bagian middle court atau yang disebut juga the Khet Phra racha Than Chan Klang. Balairung ini digunakan sebagai kediaman raja dan beberapa ruang yang digunakan untuk acara kenegaraan. 


Tampak bagian luar the Grand Palace




Comments

Popular posts from this blog

Visiting Nami Island, South Korea 2018

the Asiatique Riverfront, Bangkok 2017

Soyanggang Sky Walk, Korea 2018